|Pakaian Renang dan Pakaian Dalam  |  Laptop dan Netbook  |  Jogja Antik   |  Tebing Siung |  Climbing Activity  |  Panjat Tebing Sleman  |  Bayi Sehat Bertaman dan Berkebun|

"jangan ambil sesuatu kecuali foto, jangan tinggalkan sesuatu kecuali jejak, jangan bunuh sesuatu kecuali waktu."

Kepala Daerah Diminta Tata Sub Destinasi Wisata

Posted: Sunday, September 4, 2011 by Karis As A Trader in Labels:


Semarang, CyberNews. Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI telah menetapkan empat tujuan wisata nasional di Jawa Tengah yakni Borobudur-Yogyakarta, Semarang-Karimunjawa, Solo-Sangiran, dan Cilacap-Pangandaran. Dari destinasi nasional itu memang banyak lokasi wisata yang tidak masuk di dalamnya.
Namun demikian, bukan berarti tujuan wisata di berbagai daerah Jateng tak menjadi prioritas pengembangan maupun penataan. Gubernur Jateng Bibit Waluyo menyatakan, destinasi wisata lain tetap harus ditata, dikembangkan, dan mendapat perhatian serius dari pemprov maupun pemda.
Hal itu guna mewujudkan program Visit Jateng 2013 yang telah dicanangkan guna mendatangkan wisatawan lokal maupun asing. "Jateng memiliki banyak tujuan wisata, namun memang tidak semua masuk di tujuan wisata nasional. Meski demikian, kepala daerah tetap harus memiliki komitmen dalam penataan lokasi wisata," ujar Bibit dalam sambutannya ketika membuka jambore kelompok sadar wisata tingkat Jateng.
Bibit mencontohkan desa wisata Karangbanjar, Bojongsari, Purbalingga yang tahun 2010 lalu menjadi juara I desa wisata tingkat nasional. Desa tersebut tidak masuk dalam destinasi nasional, begitu pun dengan Oabong dan berbagai tujuan wisata lain.
Namun demikian, potensi wisata yang ada di Jateng tetap harus dikembangkan guna meningkatkan perekonomian masyarakat. "Berbagai keunggulan yang kami miliki tak ada artinya bula tak dimanfaatkan dan diberdayakan sebagai wadah promosi wisata. Kami berharap semua pihak turut mendukung program ini agar berhasil," ujarnya.
11 Tujuan
Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng Prasetyo Aribowo menuturkan, program yang dicanangkan merupakan kegiatan bersama yang harus didukung semua pihak. Dikatakan, perhatian pemerintah pusat dan provinsi cukup signifikan guna pengembangan destinasi wisata di Jateng.
Terbukti tahun ini sebanyak 11 tujuan wisata di Jateng akan dibenahi dengan dana bantuan dari pemerintah pusat sebesar Rp 50 miliar. Pembenahan tersebut merupakan bagian dari persiapan program Visit Jateng Year 2013 mendatang. "Saat program berjalan, kami menargetkan pengunjung ke Jateng mencapai 25 juta wisatawan nusantara dan 500 ribu wisatawan asing," ujar Prasetyo.
Dijelaskan, 11 tujuan wisata yang akan dibenahi yaitu Bukit Cinta dan Monumen Palagan Ambarawa (Kabupaten Semarang), Museum Kartini, Kapal Kuno Punjul Harjo (Kabupaten Rembang), Museum Binatang Purba, Kolam Pemandian Wonosoco (Kudus), Museum Ronggowarsito (Semarang), Pantai Kartini (Jepara), Kasunanan (Surakarta), Pantai Widuri (Kabupaten Pemalang), dan Linggo Asri (Kabupaten Pekalongan).

hot.detik

"jangan ambil sesuatu kecuali foto, jangan tinggalkan sesuatu kecuali jejak, jangan bunuh sesuatu kecuali waktu."