|Pakaian Renang dan Pakaian Dalam  |  Laptop dan Netbook  |  Jogja Antik   |  Tebing Siung |  Climbing Activity  |  Panjat Tebing Sleman  |  Bayi Sehat Bertaman dan Berkebun|

"jangan ambil sesuatu kecuali foto, jangan tinggalkan sesuatu kecuali jejak, jangan bunuh sesuatu kecuali waktu."

Malang Kembali V 2010 (Malang Tempo Doeloe)

Posted: Saturday, May 22, 2010 by Karis As A Trader in Labels:

Salah satu rangkaian ulang tahun Kota Malang yang paling dinanti, Festival Tempo Doeloe MALANG KEMBALI akan hadir bulan Mei ini. Beberapa acara seperti jalan sehat, Malang Flower Festival, dan berbagai acara lainnya telah ikut menyemarakan perayaan usia ke-96 Kota Malang pada 1 April 2010. Kali ini, Malang Kembali membawa tajuk ‘Rekonstruksi Budaya Panji’. Akhir -akhir ini budaya Panji memang menjadi salah satu topik hangat dalam berbagai acara, terutama setelah maraknya berbagai kekayaan budaya dan kesenian kita yang ‘diklaim’ oleh pihak-pihak tertentu. Budaya Panji berakar pada cerita Panji yang mengisahkan kehidupan tokoh Raden Panji (Panji Asmorobangun) dari Kerajaan Jenggala dan Putri Candrakirana (Dewi Sekartaji) dari Kerajaan Daha atau Kediri. Cerita ini dianggap sebagai karya cipta yang merupakan simbol kemunculan sastra lisan dari Jawa Timur sebagai wilayah kerajaan besar yang menyatukan Nusantara (Majapahit?) . Secara historis, Budaya Panji muncul dalam sastra kuno Jawa Timur pada abad ke-8 s/d ke-15 kemudian menyebar ke seluruh Jawa, Bali, berbagai daerah Sumatra; dan diimpor oleh negara-negara di Asia Tenggara. Budaya Panji berkembang melalui berbagai media: ilmu pertanian dan tekniknya, arsitektur, filsafat dan kebanyakan dalam bentuk seni seperti tari, teater, wayang gedhog, wayang beber, dan motif-motif batik. Rupanya Festival Tempo Doeloe kali ini bermaksud untuk menyegarkan kembali semangat Panji dalam diri kita, agar generasi berikutnya pun tahu dan paham akan budaya Panji, lebih-lebih sebelum Budaya Panji juga ikut ‘diklaim’ oleh entah siapa lagi.

Sekali lagi Jalan Besar Ijen akan didandani dan didekorasi agar menjadi time capsule pada 20-23 Mei 2010 nanti. Berbagai acara akan menyemarakkan Malang Kembali V mulai dari workshop, seminar internasional, berbagai seni pertunjukan, berbagai pameran,pasar rakyat, karnaval topeng, hingga pawai sepeda onthel. Daftar lengkapnya dapat dilihat di posternya yang klasik. Sebelum itu ijinkanlah saya untuk mengundang siapa saja untuk mengunjungi festival tahunan yang worthed ini. Siapa pun Anda, apakah anda warga Kota dan Kabupaten Malang, orang asli Malang yang berdomisili di luar Malang, penduduk di sekitar Malang, warga Jawa Timur, wisatawan yang sedang berencana ke Malang, atau siapapun yang sedang mencari acara menarik di bulan Mei, inilah saatnya Anda memilih Malang sebagai tujuan wisata Anda. Dijamin tak bakal rugi atau pun menyesal (kecuali Anda ke Malang, tapi malah gak mampir ke Festival Tempo Doeloe…)!!!

Pelaksanaan : Tgl 20 s/d 23 Mei 2010 08 – 24.00 WIB
Pembukaan acara : Tgl 20 Mei 2010 pukul 18.30 WIB
Lokasi Event : Jalan Besar Ijen ( sepanjang 1,5 Km)
Tema : Rekonstruksi Budaya Panji
Jumlah Stand : 420 ( ukuran 3x3 m)
Jumlah & Komposisi Stand :
- Makanan Tradisional 126 stand (30%)
- Jajanan & minuman Tradisional 120 stand (25%)
- Kerajinan 63 stand (15%)
- Batik 42 stand (10%)
- Mainan anak-anak 21 stand (5 %)
- Barang Antik 42 stand (10%)
- Jasa tradisi 21 stand ( 5%)
Pra Event : Malang Topeng Carnaval
Penyelenggara : Yayasan INGGIL jl. Gajahmada 4 Malang
(0341) 8615415 , malkem@inggil. com

hot.detik

"jangan ambil sesuatu kecuali foto, jangan tinggalkan sesuatu kecuali jejak, jangan bunuh sesuatu kecuali waktu."